Barat Adat Papua Honai Rumah

Rumahadat kebudayaan papua barat. rumah adat yang terdapat di papua memiliki filosofis yang berbeda-beda, bahan dasar untuk membuatnya pun tidak sama dan hal itu lah yang membuat papua menjadi eksotis. berikut ini beberapa daftar rumah adat papua dan penjelasannya. rumah adat honai romadecade. org. rumah adat honai adalah rumah papua yang. More rumah adat papua barat hanoi images. Papua adalah sebuah provinsi terluas indonesia yang terletak di bagian tengah pulau papua atau bagian paling timur west new guinea (irian jaya). belahan timurnya merupakan negara papua nugini atau east new guinea. provinsi papua dulu mencakup seluruh wilayah papua bagian barat, namun sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi di mana bagian timur tetap memakai nama papua sedangkan bagian. Salah satu arsitektur lokal barat adat papua honai rumah yang masih bertahan hingga kini adalah rumah honai, rumah adat suku dani yang tinggal di lembah baliem, kabupaten jayawijaya, papua. keberadaaan rumah honai dapat ditemukan di lembah-lembah dan pegunungan di tengah pulau papua terutama di ketinggian 1. 600 1. 700 meter di atas permukaan air laut.

Rumah adat papua rumah adat di papua dikenal dengan nama honai sumber : budayapapuaa. blogspot.. papua, salah satu provinsi di indonesia yang telah diujung timur, dengan wilayah yang paling luas diantara provinsi lainnya. Siapa yang tak kenal dengan nama papua, provinsi paling timur yang memiliki kawasan dengan luas 421,98 kilometer persegi, merupakan provinsi terluas di indonesia. bukan saja terkenal dengan keberagamannya yang kental dan rangkaian sejarah yang menakjubkan, daerah papua yang dulu bernama irian jaya ini juga punya banyak rumah adat dengan keunikan dan penuh dengan filosofi budayanya. Rumah adat papua indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman adat dan budaya. tiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda, salah satunya ialah papua. di pulau irian tersebut terdapat rumah adat papua yang unik dari setiap suku nya. rumah-rumah adat tersebut mempunyai arsitektur yang indah. tak jarang wisatawan lokal dan mancanegara mengunjunginya, baik untuk tujuan 1. struktur honai rumah adat papua berbeda dengan kebanyakan rumah adat di indonesia yang berstruktur panggung, rumah honai sendiri memiliki lantai berupa tanah. lantai rumah honai ada 2, lantai pertama yang beralas tanah biasanya digunakan untuk tempat berkumpul, bermusyawarah, dan beraktivitas saat malam hari, dan lantai kedua yang beralas.

Papua barat juga dikenal dengan berbagai adat istiadat yang masih sangat kental meski ada berbagai modernisasi dari provinsi lain yang masuk ke wilayah papua barat seperti salah satunya adalah pakaian adat, bahasa, tarian dan juga rumah adat papua barat seperti yang akan kami jelaskan berikut ini. Beberapa kabupaten dari provinsi papua barat yakni meliputi sorong, raja ampat, tambrauw, kaimana, manokwari, maybart, teluk wondama, kota sorong, manokwari selatan, dan lain-lain. rumah adat honai. honai ialah salah dari beberapa rumah adat papua, rumah ini bisa kita temukan di lembah atau pegunungan provinsi papua lebih tepatnya lagi pada. Rumahpapuabarat dan timur adalah sama-sama disebuat rumah adat honai. rumah papua barat yang didirikan oleh suku arfak dikenal dengan nama mod aki aksa yang artinya rumah kaki seribu. bisa kita bayangkan bagaimana rumah honai ini dibangun dengan alat yang seadanya, karena tempat mereka jauh dari barat adat papua honai rumah perkotaan sehingga mereka menggunakan alat.

9 Keunikan Rumah Adat Honai Khas Papua Rumahlia Com

Daftar terlengkap 5 rumah adat papua, keunikan, gambar.

Ada rumah adat papua untuk pria yang disebut honai. ebei, yakni rumah adat papua khusus wanita dan anak-anak, serta warnai yang merupakan kandang babi. fungsi dari rumah adat papua juga bermacam-macam. selain untuk tempat tinggal rumah adat juga digunakan sebagai tempat untuk mengatur rencana, mendidik anak, serta tempat menyimpan alat perang. Rumah papua barat dan timur adalah sama-sama disebuat rumah adat honai. rumah papua barat yang didirikan oleh suku arfak dikenal dengan nama mod aki aksa yang artinya rumah kaki seribu. bisa kita bayangkan bagaimana rumah honai ini dibangun dengan alat yang seadanya, karena tempat mereka jauh dari perkotaan sehingga mereka menggunakan alat.

Provinsi papua dulu mencakup seluruh wilayah papua bagian barat. pada masa pemerintahan kolonial hindia-belanda, wilayah ini dikenal sebagainugini belanda (nederlands nieuw-guinea atau dutch new guinea). setelah berada bergabung dengan negara kesatuan republik indonesia indonesia, wilayah ini dikenal sebagai provinsi irian barat sejak tahun 1969 hingga 1973. Kondisi wilayah papua memang masih banyak tertutup oleh hutan tropis. karakter inilah yang membuat papua juga memiliki rumah adat yang sangat khas, disebut rumah honai. jika anda belum pernah melihat rumah honai maka jangan kecewa. berikut kami jelaskan mengenai keunikan rumah adat honai khas papua. bahan kayu dengan atap kerucut.

Barat Adat Papua Honai Rumah

Daftar Terlengkap 5 Rumah Adat Papua Keunikan Gambar

Nama Rumah Adat Papua Lengkap Beserta Gambar Dan Penjelasan

Nama rumah adat papua pulau papua terbagi menjadi dua provinsi yang keduanya memiliki rumah adat yang sama. baik rumah adat provinsi papua maupun provinsi papua barat keduanya disebut honai. setiap rumah honai biasa ditinggali antara 5 sampai 10 orang. rumah ini biasa digunakan sebagai tempat istirahat atau tidur di malam hari. Fungsi rumah honai rumah adat papua. tempat penyimpanan rumah honai selain sebagai tempat tinggal juga digunakan untuk tempat menyimpan peralatan berburu dan juga perang. selain itu, rumah adat asal papua ini juga dijadikan tempat menyimpan beberapa barang yang merupakan simbol berharga secara suku dan adat. Desain dan struktur bangunan rumah adat papua barat memiliki bentuk dan filosofi yang sangat berbeda, dari bentuk bahan untuk mendesain rumah pun tidak sama dalam pembentukannya. membuat provinsi papua menjadi populer: 1. rumah adat honai. rumah adat papua yang satu ini merupakan salah satu rumah khas papua yang menjadi tempat tinggal bagi suku.

Rumah Adat Papua Rumah Honai Gambar Dan Penjelasannya

9 Keunikan Rumah Adat Honai Khas Papua Rumahlia Com
Rizki Fachurohman Blog Tipologi Rumah Adat Papua Hanoi

Rumahadatpapua umumnya memiliki ukuran yang kecil, sehingga hanya dapat dihuni oleh satu keluarga, atau beberapa orang. ada beberapa aturan yang diterapkan pada rumah adat papua misalnya suatu bangunan hanya boleh digunakan oleh kaum pria, wanita, dan hewan peliharaan sesuai fungsinya. Rumahadathonai memiliki arsitektur atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerai atau ilalang. ukuran rumah honai pada umumnya kecil, dengan tinggi sekitar 2,5 meter dan tidak berjendela. tujuannya adalah menahan hawa dingin pengunungan. Jenis-jenis rumah honai berdasarkan fungsi. jika melihat gambar rumah adat papua sepintas, memang semua rumah adat dari papua lebih sama. akan tetapi jika diteliti lebih detail, tentu ada perbedaan karena ada beberapa jenis rumah honai yang dibuat sesuai dengan fungsinya masing-masing. Papuabarat juga dikenal dengan berbagai adat istiadat yang masih sangat kental meski ada berbagai modernisasi dari provinsi lain yang masuk ke wilayah papua barat seperti salah satunya adalah pakaian adat, bahasa, tarian dan juga rumah adat papua barat seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

Rumahadatpapua Jenis Arsitektur  Keunikan

Rumahadatpapuarumahadat di papua dikenal dengan nama honai sumber : budayapapuaa. blogspot.. papua, salah satu provinsi di indonesia yang telah diujung timur, dengan wilayah yang paling luas diantara provinsi lainnya. Rumahadatpapua indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman adat dan budaya. tiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda, salah satunya ialah papua. di pulau irian tersebut terdapat rumah adat papua yang unik dari setiap suku nya. rumah-rumah adat tersebut mempunyai arsitektur yang indah. tak jarang wisatawan lokal dan mancanegara mengunjunginya, baik untuk tujuan

Walaupun rumah adat di wilayah provinsi papua barat disebut sebagai honai namun ada juga suku arfak di wilayah papua barat yang membangun mod barat adat papua honai rumah aki aksa atau rumah kaki seribu. rumah adat ini memiliki ciri khas berupa banyaknya tiang penyangga pada bagian bawah rumah, sehingga dikenal dengan sebutan rumah kaki seribu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidur Erek Kamar Erek

Pulau Berada Yang Yaitu Dengan Dibuat Flores Di Adat Yang Rebo Rumah Bentuk Unik Wae

Tamu Arabian Ruang